Cara Membangun PBN yang baik dan Benar

Pembahasan kita kali ini adalah mengenai PBN , Apa pengertian dari PBN ? yah PBN adalah (Private Blog Network) merupakan teknik backlink yang paling memiliki power paling menonjol dari Backlink-Backlink lainnya, Bahkan dalam hitungan hari web atau blog kamu dapat menduduki peringkat pertama di mesin pencarian, itu tergantung dari PBN ( Private Blog Network ) yang kamu bangun.

PBN memiliki kriteria domain yang sangat kuat sehingga Link yang kita peroleh sangat berpengaruh meningkatkan posisi web dihalaman pertama. selain itu kita bisa mengontrol setiap link keluar (Out Bound Link) kedalam moneysite kita. Dan me-recovery posisi jika suatu saat PBN tersebut bermasalah. inilah alasan mengapa PBN wajib Anda coba.

PBN termasuk dalam kriteria Grey Hat SEO , dan teknik PBN adalah teknik yang paling disarankan oleh Expert SEO atau Master-Master SEO di dunia, apa lagi untuk Newbie sangat disarankan Untuk menggunakan PBN untuk meningkatkan trafik dan rank website blognya, karena cara ini sangatlah mudah hanya perlu ketekunan dalam menjalankannya. Bagaimana cara membangun PBN yang baik dan benar menurut SeoJitu.com ?

1. Expired Domain

Hal Pertama yang dilakukan dalam membangun PBN adalah Mencari dan menemukan Expired Domain yang cocokdengan niche blog kita, mengapa menggunakan Expired Domain ? yah dikarenakan Expired Domain merupakan domain yang sudah memiliki Backlink dan Referensi Site yang sudah cukup banyak, sehingga kita tidak usah bersusah payah lagi untuk mencari backlink untuk menaikkan Blog PBN yang akan kita bangun tersebut, Expired Domain dapat dicari menggunakan beberapa Tools yang disediakan oleh developer seperti :

  • Expireddomains.net
  • freshdrop.com
  • DomCop.com
  • Moonsy.com/expired_domains
  • PrDrop.info

Untuk Membeli Expired Domain Kami biasa menggunakan :

  • Godaddy Aucions and marketplace
  • DomainPeel.com (Broker Domain PBN)

Sebenarnya menggunakan tools domcop lebih mudah digunakan, Seojitu.com juga menggunakan Domcop untuk mencari expired domain yang berkualitas dan cocok untuk digunakan, Expired Domain apa yang cocok digunakan menurut Versi SeoJitu.com :

Ada 2 jenis domain yg biasa Seojitu.com lihat di domcop :

1. Expiring Domain (dengan tipe closeout)
2. Delete/drop domain.

Saya contohkan disini untuk domain dengan tipe pending delete (expiring domain)

Filtering awal Domain untuk dianalisa :

– Hide fake PR
– Min PR = 1
– Age = 1 tahun
– Price = $5 – $20 (sesuaikan dengan budget Anda)
– DA = min. 15
– TF = min. 8
– TLD = .com, .net, .org, .info, .co
– Listing Type = uncheck Auction
– Misc = check hide adult, dashes, hide spammy, digits, dan google indexed.

Diatas adalah settingan utama untuk mencari expired domain yang akan kita jadikan PBN, Mengapa menggunakan settingan seperti diatas? dikarenakan jikalau kita tidak melakukan settingan atau filter seperti diatas, maka akan muncul ribuan bahkan jutaan domain yang akan muncul, pastinya kita akan sangat kesusahan dalam menganalisa satu persatu domain tersebut.

2. Kriteria Domain Untuk Membangun PBN

Hal pertama yang saya perhatikan adalah nama domain. nama domain sebaiknya menggunakan brand name yang mencerminkan niche dari domain tersebut. hal ini sekilas memang tidak terlalu penting namun bisa jadi pondasi yang kuat saat terjadi Manual Review dari google terhadap PBN yang akan dibuat nanti.

Pertama Perhatikan domain dengan topical trust flow yang sama,, atau primary topical trust flow nya sesuai dengan niche money site Anda. bagian ini sangat berguna agar nanti kita mendapatkan power dari relevant niche website yang menuju kedalam moneysite kita.

Kalau dilihat dari gambar diatas, rata-rata topic nya sama yaitu di topic computer. Atau bisa dilihat primary-nya yang berada dipaling depan.

Selanjutnya Anda bisa cek untuk Google index dan Google info, hanya untuk memastikan data dari domcop benar. Biasanya untuk bagian expiring domain ini data dari domcop sudah valid , kecuali untuk bagian delete domain atau drop domain.

Google index = pastikan domain masih diindex, root domain berada dipaling atas
Google info = pastikan nama domain sama dengan yang delisting di google.

Cek backlink profile. Anda bisa menggunakan account free dari majestic.com atau Anda bisa gunakan fitur dari domcop. Namun hasilnya tidak selengkap jika Anda menggunakan majestic atau ahref. Tapi tidak jadi masalah, karena kita hanya akan menganalisa secara kasar backlink yang masuk kedalam domain tersebut.

Disini saya menggunakan majestic.com

Cek Trust Flow dan Trust Ratio. Lebih bagus jika nilai TF diatas 8 dengan trust ratio diatas 0,5. Namun ini hanya optional untuk saya jika domain tersebut memiliki backlink profile yang baik.

domcop-2

Untuk domain dengan kondisi seperti ini juga masih bisa saya registrasi. Karena domain tersebut memiliki TF yg masih baik yaitu > 0,5 dan semua link berasal dari 1 topic.

domcop-3

Jika saya cek kebagian referring domain (asal domain), maka web tersebut memiliki backlink dari 1 situs authority adobe.com dan ini related dengan niche domain tersebut. (2 kondisi terpenuhi : Authority dan Relevant).

domcop-4

Cek Anchor text distribution. Usahakan domain tidak terlalu banyak menggunakan money phrase didalam anchor text. Kecuali jika jumlah backlinknya masih sedikit (bisa di balancing nanti)

Jika semua kriteria sudah memenuhi, maka Anda bisa registrasi domain tersebut. Karena ini adalah pending delete domain maka ada biaya renew domain. Namun tidak jadi masalah jika kondisi domain tersebut masih masuk. Dan juga Anda bisa gunakan coupon untuk godaddy.

Untuk delete domain biasanya untuk bagian PR tidak valid dan Index tidak diindexed google. Namun setelah Anda registrasi domain tersebut dan mengisinya content, maka domain tersebut akan kembali diindex namun untuk PR karena tidak diupdate lagi maka kondisinya akan PR 0 atau n/a. tapi tidak jadi masalah selama semua kriteria diatas terpenuhi.

Setting Up dan Managing PBN

 

  • Daftar Domain

Gunakan register name yang berbeda untuk setiap domain. 1 akun biasanya saya isi /- 12 domain. untuk delete domain/drop domain bisa pake namecheap karena kasih free whois protection.

 

  • Hosting PBN

Hosting lebih bagus menggunakan hosting yang berbeda baik IP dan juga negaranya sesuai dengan target kw moneysite.. kalau moneysite Anda dalam bahasa Indo, hosting kalau bisa 50% juga menggunakan hosting indo.

Bisa pake reseller Hosting ??
banyak yg tidak menyarankan pake reseller hosting.. namun sepengalaman saya. saya punya 40 PBn yg saya host di 1 reseller hosting. dan ga jadi masalah asal setting nya bener. untuk yg menggunakan reseller account. sebaiknya setting name server nya baik di domain dan juga hostingannya add DNS zonenya. terkadang walaupun berbeda IP bisa dateng dengn subnet yg sama. untuk reseller hosting gunakan yg support server di berbagai negara.

 

  • Installing CMS untuk PBN

Untuk mempermudah bisa gunakan WP. ada jutaan orang yg menggunakan WP.. jadi tidak perlu takut menggunakan WP untuk PBN.. untuk diversify. gunakan cms yg beda2 juga lebih bagus.

 

  • Install Template dan Plugins

Gunakan themes yg berbeda2 jika menggunakan WP. untuk themess sebaiknya diedit lagi.. karena sepengalaman saya belum ada themes yg full SEO yg saya temui.. bagian terpenting yg diedit adalah internal link yg terlalu banyak namun tetap dihalaman yg sama. contoh Author. tags, category yg letaknya di bawah postingan atau di bawah judul postingan. ini adalah link yg tidak penting dan tidak dibutuhkan didalam PBN, bisa mem-blend authority Homepage.

Plugin yg bisa anda install adalah spyder spanker. namun tidak semua PBN saya pakai plugin ini. biasanya hanya 30-40% dari total PBN.. sisanya setting di httacces untuk block robot.

 

  • 404 Page not found.

didalam membeli sebuah domain baik auction atau drop domain terkadang terdapat halaman/page yg menerima backlink. sayangnya kebanyakan akan meredirect page 404 tersebut ke homepage. namun ini akan menjadi Big Footprint untuk Google karena massive redirect 404 kehalaman homepage adalah Soft 404.

untuk itu jika domain yg memiliki innerpage yg menerima Backlink maka bisa Anda buat lagi halaman tersebut menggunakan url yg sama. atau Anda bisa buat konten lain yg relevant kemudian redirect kemudian 404 page tersebut di riderect kesana. atau bisa buat halaman custom 404 dan dan redirect kesana.
yang paling simple adalah jika innerpage tersebut tidak ada flow atau alur sama sekali dari halaman homepage. maka biarin aja halamannya mati.

 

  • Design Your PBN.

rata-rata PBn tidak peduli soal design karena menganggap ini sama seperti blog dummy. untuk itu design PBN Anda seunik mungkin dan semirip mungkin dengan moneysite seperti LOGO, header, install widget yg umum digunakan seperti subscibe, twitter feed, fanpage FB, dll.
jangan mengunakan navigasi yg double. misal di navigasi menu Anda letakan link category, kemudian di sidebar Anda pasang lagi. ini adalah link yg tidak berguna.
sebisa mungkin letakan page/halaman yg tidak penting di bagian footer seperti privacy policy, Term Of Use, Contact.

 

  • Link To Money Site

Beberapa factor yg perlu Anda perhatikan untuk membuat link yg menuju kedalam situs Anda :

  • Selalu gunakan Original, Unik dan readable konten.
  • Cukup masukan 1 link ke moneysite Anda sisanya Anda bisa link ke Authority site lain yang relevant (misal halaman wikipedia yg relevant).
  • Jangan memasukan link yg menuju ke moneysite Anda pada setiap artikel yg Anda posting di PBN Anda. Variasikan sehingga tidak terlalu agrasif.
  • Gunakan variasi Anchor text. dengan persen yg lebih sedikit untuk exact anchor text. Gunakan Lebih banyak branding keyword, partial keword ataupun generic keyword. Kemudian variasikan placement link didalam artikel.
  • Jangan me-link ke PBN anda yg lain (interlinking), cukup arahkan PBN ke moneysite saja.
  • Hindari link ke website yg mengandung konten porn, pharma, gambling dan keyword spam lainnya.

 

  • OBL di PBN

Hampir 80% orang yg mengunakan PBN akan meletakan linknya di halaman homepage. ini disebabkan karena pemilik PBn mengininkan power homepage yg masuk ke moneysite. ini bisa menjadi footprint untuk google. contohnya. apakah Anda lebih suka menggunakan themes yg isi kontennya muncul semua dihalaman homepage atau dipotong dengan link “read more” ?
hampir rata-rata web yg kita temui di internet hanya menampilkan snipet dari konten dengan link “read more”. karena akan jauh lebih rapi dan terstruktur.

pastikan OBL keseluruhan dari domain tidak melebihi 20 (termasuk link ke authority site) kalau Anda ingin power yg lebih bagus. yg saya katakan adalah keseluruhan yah bukan OBL di satu halaman saja.
link tidak perlu muncul di Homepage. ini adalah MITOS kalau link dihalaman innerpage tidak ada powernya.
link di inner page akan sama powernya kalau power homepage tersebut di alirkan. untuk itu pastikan setiap link selalu terhubung dari homepage baik itu di category, tag, ataupun menggunakan internal linking.

 

  • Social

Gunakan Social Share di dalam PBN. Anda bisa menggunakan service social exchage untuk menambahkan vote social sharing. buat akun twitter dan FB page untuk PBN tersebut.

 

  • Fresh Domain PBN

Jika Anda hanya menggunakan expired domain untuk PBN kedalam moneysite ini juga bisa menjadi footprint karena Anda memiliki link profile yg berasal dari High Quality domain semua. untuk itu Anda bisa membuat PBN menggunakan new domain/fresh domain setting sama persis seperti PBN. kemudian Link ke moneysite. ini untuk menyamarkan link profile Anda saat terjadi manual review.

Penutupan

Akhir cerita semoga artikel ini dapat membantu kamu menyelesaikan masalah kamu dalam membangun PBN, yang perlu diingat adalah settingan atau cara di atas semua adalah cara yang biasa SEOJITU.com gunakan untuk membangun Private Blog Network, jika kamu dapat mengembangkannya lagi maka akan lebih bagus :). Selamat Mencoba dan Sukses Selalu buat kamu semuanya Calon Expert SEO.

Cara Membangun PBN yang baik dan Benar
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *